Teknologi Informasi Mempercepat Bisnis UKM di Indonesia

Di era sekarang ini, siapa yang gak kenal dengan kecanggihan teknologi informasi seperti internet? Pastinya, hampir semua orang sudah menggunakan internet dalam aktivitasnya sehari-hari. Bahkan di sejumlah daerah terpencil pun internet sudah ada. Kalo jaman seka
rang masih ada yang belum bisa gunakan internet disebut "GAPTEK" atau Gagap Teknologi hhihihi. Tahukan anda percepatan bisnis di Indonesia memberikan dampak positif  dalam berkembangnya UKM di Indonesia? Mengapa demikian? dalam artikel ini akan dibahas mengenai " Peran Teknologi Informasi Terhadap Percepatan Bisnis UKM di Indonesia".
Usaha Kecil Menegah (UKM) merupakan jenis bisnis yang paling banyak di Indonesia. Menurut M. Tohar dalam bukunya UKM didefinisikan sebagai:
1. Berdasarkan total aset
Pengusaha kecil menengah memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp. 200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunan tempat membuka usaha.
2. Berdasarkan total penjualan
Pengusaha kecil menengah memiliki hasil total penjualan bersih per tahunnya paling banyak sebesar Rp. 100.000.000
3. Berdasarkan status kepemilikan
Pengusaha kecil menengah berbentuk perseorangan yang berbadan hukum/tidak yang didalmnya termasuk koperasi. Dari sinilah dapat dikatakan bisnis UKM sangatlah menjajikan karena tidak memerlukan modal yang besar namun keuntungan yang didapatkan memuaskan.


Usaha Kecil Menengah (UKM) sangat berperan penting bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Meningkatnya bisnis UKM  menjadi daya saing bagi pengusaha kecil menengah. Salah satu yang menjadi daya saing saat ini adalah perkembangan TI (Teknologi Informasi) pada bisnis UKM. Munculnya perkembangan teknologi informasi yaitu internet menjadi daya tarik tersendiri bagi pengusaha kecil menengah. Hal ini diharapkan dapat mendorong pelaku bisnis dalam menghadapi electronic commerce (e-commerce) pada UKM.

Teknologi informasi adalah alat yang digunakan oleh manusia untuk membantu, membuat, mengubah, menyimpan, dan mengkomunikasikan suatu informasi. Teknologi Informasi dapat menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi. Penggunaan Teknologi Informasi (TI) oleh UKM adalah suatu hal yang sangat menarik. Mengapa demikian? Hal ini terjadi karena teknologi informasi memegang peranan yang sangat penting dalam bisnis ini. Teknologi Informasi menjadi peluang bisnis karena dengan menggunakan teknologi informasi suatu bisnis akan berjalan lebih mudah.

Jelas peran Teknologi Informasi sangat penting bagi UKM. Berikut ini merupakan manfaat TI bagi pengguna UKM:

1. Media Komunikasi
Komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat satu ke perangkat lainnya. Jadi, dengan adanya Teknologi Informasi komunikasi dapat berjalan dengan baik dan lancar.








2. Media Promosi
Usaha Kecil Menengah dapat dikatakan berhasil apabila memiliki strategi pemasaran yang handal. Salah satu strategi pemasaran yang paling mudah adalah "MedSos" atau media sosial. Media sosial merupakan ajang promosi yang sangat mudah dan sangat menguntungkan bagi UKM. Media sosial yang biasa digunakan oleh UKM dalam ajang promosi adalah website, instagram, twitter, dan lain-lain.


 Namun tidak semua UKM dapat mengakses Teknologi Informasi (TI) dengan baik. Kondisi informasi di Indonesia bisa dibilang sedikit tertinggal dengan negara-negara yang sudah maju seperti Jepang, Singapore, dan Amerika. Ketertinggalan teknologi itu sendiri bisa dilihat dari ketersediaan infrastruktur teknologi informasi, jumlah komputer yang dimiliki perusahaan, atau akses internet. Berdasarkan data dari International Telecommunication Union (ITU), jumlah pengguna internet di Indonesia untuk tahun 2004 tercatat sekitar 14,5 juta atau hanya 652 per 10.000 penduduk (Hermana, 2008). Berikut ini merupakan hambatan dalam implementasi Teknologi Informasi pada UKM (Gautama 1999):
1. Biaya
2. Ketiadaan waktu untuk mengimplementasikan dan pemeliharaan TIK 
3. Tidak ada konsultan dan pemasok-pemasok eksternal 
4. Perspektif manajemen yang bersifat jangka pendek 
5. Kurangnya pemahaman tentang kegunaan TIK dan Bagaimana untuk mengukur keuntungannya. 
6. Kurangnya perencanaan atau kontrol prosedur

Dari artikel ini, kita dapat belajar tentang peran penting Teknologi Informasi terhadap bisnis UKM yang ada di Indonesia. Teknologi Informasi ternyata merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam UKM. Indonesia perlu belajar dan mengejar ketinggalan dalam hal ini  dari negara-negara maju tentang teknologi informasi agar UKM di Indonesia semakin berkembang dan dapat meningkatkan ekonomi negara Indonesia. Mau belajar dan berusaha adalah kunci keberhasilan. Semangat! :) 



Referensi:


Kristianto, W., 2012. Penggunaan Teknologi Informasi di Usaha Kecil dan Menengah. [Online]
Available at: http://download.portalgaruda.org/article.php?article=258368&val=7024&title=PENGGUNAAN%20TEKNOLOGI%20INFORMASI%20DI%20USAHA%20KECIL%20DAN%20MENENGAH%20(STUDI%20PADA%20USAHA%20KECIL%20MENENGAH%20DI%20WILAYAH%20GEDONG%20MENENG)
[Accessed 2015 September 2015].

Rifqy Roosdany, M., 2012. Analisis Tingkat Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Usaha Kecil Menengah di Kab. Jepara. [Online]
Available at: https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0CB8QFjAAahUKEwiZ1vzY4oXIAhVDJJQKHS3eC7o&url=http%3A%2F%2Fwww.ejournal-unisnu.com%2Findex.php%2FJDEB%2Farticle%2Fdownload%2F18%2F19&usg=AFQjCNG-2c8JLpM86CUwOoFbdWN5MpBL0A
[Diakses 20 September 2015].

Siregar, A. R., 2008. Penggunaan Sistem dan Teknologi Informasi untuk Usaha Kecil dan Menengah. [Online]
Available at: https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0CCQQFjAAahUKEwjtl_3J5YXIAhXIkJQKHScFCTk&url=http%3A%2F%2Frepository.usu.ac.id%2Fbitstream%2F123456789%2F3848%2F1%2F08E00521.pdf&usg=AFQjCNHE4n6SKATQNKJ75wbWIQrAhPDycQ&bv
[Accessed 20 September 2015].
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar