Sarjana Teknik Industri Punya Peran Penting Mengembangkan UKM di Indonesia

Apa sih Teknik Industri itu?
Teknik Industri adalah sebuah ilmu yang mempelajari mengenai rekayasa industri atau implementasi dari ilmu pengetahuan untuk memecahkan masalah dan membuat segala sesuatunya lebih efektif dan efisien baik dalam cost dan time managementnya. Kunci yang dimiliki oleh ilmu rekayasa industri adalah "Efektif" dan "Efisien".

Efektif : Kemampuan untuk dapat mecapai tujuan dengan menggunakan cara/metode yang tepat.

Efisien : Kemampuan untuk melakukan kegiatan yang dapat menghasilakn sesuatu tanpa membuang-buang bahan, waktu, dan energi. untuk dapat memperoleh tingkat efisiensi dengan baik hal yang perlu diperhatikan adalah menganalisis dan memperbaiki sistem, melakukan pengurangan waktu proses dan menentukan waktu standar.

Universitas Ma Chung merupakan sebuah Universitas swasta di kota Malang yang memiliki 10 program studi di dalamnya. Salah satu program studi yang unggul adalah Program Studi Teknik Industri. Mahasiswa Teknik Industri Unversitas Ma Chung dibimbing dan dilatih untuk dapat menjadi seorang pengusaha yang memiliki kemampuan yang handal yang nantinya akan menjadi Sarjana Teknik Industri yang memiliki kemampuan untuk "How To Mass-Produce, How To Make An Industry".

Sarjana Teknik Industri Universitas Ma Chung memiliki peran dalam memajukan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia. Dalam hal ini Sarjana Teknik Industri sudah dibekali dengan pengetahuan dan wawasan yang luas mengenai bisnis UKM yang ada di Indonesia khususnya di kota Malang. Keikutan sertaan Sarjana Teknik Industri Universitas Ma Chung dalam mengembangkan UKM di Indonesia menjadi daya tarik sendiri bagi pesaing-pesaing UKM pemula. Mengapa? Hal terjadi karena Sarjana Teknik Industri Universitas Ma Chung memiliki kemampuan yang luar biasa dalam mengembangkan bisnis baik produk maupun jasa. 


Mahasiswa Teknik Industri Universitas Ma Chung dibekali dengan berbagai hal sebagai berikut:
1. Proses produksi (manufacturing engineering)
2. Perancangan tata letak pabrik
3. Logistik
4. Perancangan sistem kerja dan pengukuran kerja
5. Perencanaan dan pengendalian produksi
6. Pengendalian mutu
7. Financial
8. Ergonomi
9. Pengolahan sumber daya
10. Ekonomi Teknik

Salah satu hal yang menarik dalam Program Studi Teknik Industri di Universitas Ma Chung adalah program kerja yang dimiliki oleh HMP Teknik Industri mengenai pengembangan UKM di kota Malang. Program kerja dari HMP Teknik Industri bernama "Industrial Social" (I-SOS)  yang melibatkan para pengusaha kecil menengah yang akan bekerja sama dengan mahasiswa Teknik Industri di Universitas Ma Chung. Program kerja ini merupakan program kerja yang baru dirintis oleh HMP Teknik Industri. Diketuai oleh Gus Faisal Dahlan atau nama bekennya Mr. Texas sebagai pelopor berdirinya  Industrial Social yang memberikan dampak positif bagi kemajuan Program Studi Teknik Industri. Terdapat 5 UKM yang dikunjungi yaitu UKM masker, UKM jamu, UKM carang mas,UKM permen lolipop, dan UKM keripik pisang. Semua Usaha kecil Menengah ini terletak di Desa Kucur, Dau, Kabupaten Malang. Jelas dalam program kerja ini memberikan manfaat bagi kedua belah pihak baik bagi mahasiswanya dan pengusaha. Manfaat bagi mahasiswa Teknik Industri adalah pendekatan dan pengetahuan terhadap UKM di kota Malang sehingga mahasiswa mampu belajar dan memecahkan masalah yang terjadi di UKM tersebut. Sedangkan manfaat bagi UKM adalah mahasiswa memberikan solusi/perbaikan terhadap UKM tersebut sehingga UKM menjadi lebih baik lagi.

Nah, dari sini terbukti kan kalo mahasiswa Teknik Industri Universitas Ma Chung memiliki peran yang sangat penting dalam kemajuan UKM di Indonesia khususnya di kota Malang. Selain itu mahasiswa Teknik Industri Univesitas Ma Chung mendapatkkan pengalaman dan pengetahuan sehingga dapat diterapkan pada saat di dunia kerja.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar